Selasa, 02 September 2008

dodol kandangan

Foto>>> BERSIHKAN KOTA – Personel pasukan kuning sedang giat-giatnya membersihkan kawasan perkotaan.

Tak Mengenal Lelah Membersihkan Kota

KANDANGAN – Keindahan kawasan perkotaan ternyata melibatkan banyak pihak. Selain kesadaran warga kota dalam membuang sampah. Juga, yang paling berperan adalah para pasukan kuning alias paskun.

Bagaimana pun, para paskun ini sangat berjasa dalam kebersihan kota, jalan-jalan yang bebas dari sampah. Selokan dan got yang lancar saat hujan lantaran tak ada lagi lumpur yang mengendap. Dan yang pasti, kebersihan pasar juga menjadi tanggung jawabnya mereka.

Para paskus di Kabupaten HSS, memang ada yang berstatus PNS adapula, yang masih berstatus honorer. Tanpa melihat, status tersebut mereka, ternyata para paskun sangat setia memungut sampah kemudian membersihkan lumpur.

Humberi, salah seorang anggota paskun kepada Radar Banjarmasin secara terbuka mengatakan, mereka setiap hari turun dari pagi hingga petang. Yakni membersihkan sampah maupun got-got di seputaran kota Kandangan. ”Untuk hari ini kami ditugaskan membersihkan got di Jalan S Parman hingga sampai ke luar kota,” katanya kepada wartawan koran. Anggota paskun yang mengakui sudah mengantongi SK PNS menceritakan rutinitas bekerjanya tersebut ditentukan oleh sang komandan alias kepala dinas. Bisa saja pagi ini, mereka membersihkan got. Tapi sore harinya, mereka kembali memberihkan sampah di Pasar Kandangan. ”Membersihkan got ini sambilan dari pekerjaan rutin memungut sampah di pasar,” timpal teman Humberi.

Menurutnya, selain kelompok mereka, para paskun juga tersebar di beberapa titik. Ada yang menyiangi rumput dengan mesin pemotong. Di lain tempat, ada paskun yang membersihkan serakan pasir di persimpangan jalan. Bila ditotal, sambung Humberi jumlah paskun lebih ratusan orang, tapi biasanya per kelompok kerja di bagi menjadi tujuh orang. Kendati berkubang dengan lumpur, dan berjibaku dengan sampah. Humberi bersama kawan-kawannya, tak mengenal lelah dalam melakukan tugas.

Dari Pantauan koran ini, mereka pun tampak sigap dengan pengerjaannya. Dengan alat sekop di tangan, waktu Humberi dan kawan-kawannya terlihat membersihkan saluran drainase di sisi jalan protokol di Kabupaten HSS. ”Kaya apa bersih lo Kandangan,” tanyanya. (why)

Foto>>>>BALIHO DAN BANDERA – Baliho iklan promisi pariwisata milik Pemkab HSS ini juga dipasangi beberapa bandera partai.

Jumlah TPS Dikurangi

KANDANGAN – Tak hanya jumlah petugas yang telah disiapkan dalam pilkada mendatang. KPU Kabupaten HSS juga sudah mengancang-ancang untuk menyiapkan tempat pemungutan suara (TPS).

Ketua KPU Imron Rosyadi mengatakan rencana TPS sudah disiapkan. Bila dulunya direncanakan ada 536 TPS, kini dari hasil perhitungan terakhir KPU menciutkan jumlahnya menjadi 516 TPS. ”Jumlah TPS dikurangi 20 buah,” katanya kepada wartawan koran ini saat menemuinya di Kantor KPU.

Dari 11 kecamatan, sambung Imron, ada empat kecamatan yang jumlahnya TPS dikurangi. Seperti di Kecamatan Kandangan dikurangi 5 TPS, Daha Selatan 2 buah, Daha Utara 2 buah dan di Kecamatan Sungai Raya 5 buah TPS yang dikurangi.

Menurut Imron, perbandingan satu TPS per jumlah jiwa pemilih tergantung dari sebaran penduduk. Bisa saja, satu TPS ’diserbu’ oleh 300 pemilih, tapi dilain TPS dapat juga akan diisi oleh 600 pemilih. ”Jadi KPU melihat efektifitas dan efisiensinya. Sangat sayang banyak-banyak TPS tapi yang datang malahan sedikit, baiknya di lebur saja. Apalagi akses ke TPS mudah,” terangnya.

Selain membeberkan jumlah TPS, Imron juga mengungkapkan jumlah PPS, disebutkannya total PPS pada pilkada di Kabupaten HSS sebanyak 148 orang. Sementara itu, untuk jumlah pemilih jumlah terakir yang diupdate oleh KPU adalah 146.540. Jumlah ini adalah gabungan dari 11 kecamatan. Bila diurut, dari jumlah pemilih terbesar sampai terkecil adalah Kecamatan Kandangan terdapat 31.185 pemilih, Daha Selatan 27.107, Daha Utara 20.991, Padang Batung 13.146, Angkinang 11.910, Sungai Raya 11.315, Simpur 10.331, Telaga Langsat 6.387, Loksado 5.084, Daha Barat 4.602 dan Kecamatan Kalumpang sebanyak 4.482 pemilih. (why)

Tuan Rumah Sosialisasi Unas 2008

KANDANGAN – Membanggakan. Dinas Pendidikan Kabupaten HSS pada 25 Februari mendatang menjadi tuan rumah kegiatan sosialisasi pelaksanaan ujian nasional (Unas) tahun 2008.

Kegiatan itu, kata Kepala Bidang Pendidikan Kabupaten HSS M Arliyan Syahrial, digelar di Gedung Kesenian. Dan peserta yang mengikutinya adalah berasal dari tiga Kabupaten yakni HSS, Tapin dan HST. Pembicara dalam kegiatan tersebut dijadwalkan berasal dari Dinas Provinsi Kalsel. ”Kemungkinan besar langsung dihadiri pak Humaidi Syukeri (Kadis Disdik Provinsi),” kata Arliyan kepada sejumlah wartawan yang menemuinya.

Dalam sosialisasi tersebut, kemungkinan akan membahas bagaimana pelaksanaan Unas pada bulan April dan Mei mendatang. Yang pastinya, diharapkan dalam sosialisasi tersebut akan ada komitmen dari semua pihak untuk menyelenggerakan Unas secara jujur. ”Percuma saja dan buang duit negara saja, apalagi pelaksaaan Unas dilakukan tidak sprotif. Ada beberapa fakta di daerah tertentu guru ikutan membantu siswa dalam menjawab soal,” terangnya.

Namun untuk di Kabupaten HSS, Arliyan jujur mengakui, pelaksanaan Unas berlangsung dengan sportif. Tidak ada guru yang ikut membantu dalam menjawabkan soal Unas. Buntut dari sikap sprortif itulah, pada 2005 lalu di Kabupaten HSS 750 siswa tidak lulus. ”Dikumpulkan hampir setengah halaman terisi,” kata Arliyan sambil menunjuk halaman Dinas Pendidikan. Tapi itu tidak masalah, Pemkab HSS terutama Disdik terus melakukan pembenahan. Akhirnya, prosentasi kelulusan setiap tahunnya mengalami peningkatan. Tahun 2006, tinggal separo (dari 750) yang tidak lulus, lalu pada tahun 2007 tadi hampir 90 persen tingkat kelulusan untuk SMA dan SMP sederajat. Bagaimana dengan tahun ini? Arliyan optimis akan lebih baik lagi. ”Tidak ada masalah, beberapa uji coba sudah bagus. Kami yakin hasilnya Unas tidak jauh berbeda,” katanya optimis. (why)

Foto>>> GERBANG – Kabupaten HSS memiliki gerbang untuk bahan informasi kepada masyakarat.

Gerbang Kabupaten HSS

KANDANGAN – Bila anda yang kerap melewati Jalan Provinsi melewati Banua Anam. Tentunya, gerbang yang satu ini akan ditemui saat memakui Kabupaten HSS. Gerbang yang menandai perbatasan sebuah kabupaten HSS dengan Kabupaten Tapin maupun dengan Kabupaten HST.

Bila dari Banjarmasi menuju Kabupaten HSS, maka gerbang yang menghadap adalah gerbang selamat datang di Bumi Antaluddin, gerbang perkotaan Banua Lima Plus Center. Bila anda terus menyusuri jalan provinsi dan sampai pada perbatasan HSS dengan HST, maka gerbang yang terbaca sangat menengok ke atas adalah gerbang selamat tinggal. Isinya sama dari gerbang yang pertama tadi. (why)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Dodolnya nyaman tuh...
Pegawai Klimatologi Banjarbaru